Pelatihan dan pembentukan klub majalah dinding sebagai upaya peningkatan literasi kesehatan pada siswa SMPN 39 Samarinda
Abstrak
Peralihan aktivitas guru dan siswa dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara online ke Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas membuat kegiatan kesiswaan SMP Negeri 39 Samarinda mengalami perubahan. Selama pandemi, beberapa aktivitas kesiswaan menjadi terhambat, bahkan tidak berjalan. Begitu pula, majalah dinding yang seharusnya menjadi media untuk meningkatkan literasi dan kreativitas siswa. Kondisi majalah dinding di SMPN 39 Samarinda yang kurang terawat disebabkan oleh tidak ada organisasi atau klub siswa yang menjadi penanggung jawab dan kurangnya kesadaran siswa untuk mengelola majalah dinding. Kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan literasi kesehatan pada siswa berupa promosi kesehatan dengan pelatihan pembuatan majalah dinding berbasis kesehatan dan pembentukan klub majalah dinding. Metode yang digunakan adalah ceramah, praktik langsung, dan diskusi. Terdapat adanya keterampilan dan partisipasi siswa dalam pembuatan majalah dinding, serta terbentuknya struktur kepengurusan serta jadwal kerja klub majalah dinding secara tertulis di SMPN 39 Samarinda.